Trump Sebut Membela Montenegro Bisa Picu Perang Dunia III

Trump Sebut Membela Montenegro Bisa Picu Perang Dunia III
Id Nasional. Presiden Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa mengirim pasukan NATO untuk membela Montenegro yang agresif dapat memicu Perang Dunia III. Hal itu diungkapkan Trump dalam sebuah wawancara televisi.

Trump ditanya tentang Montenegro, yang bergabung dengan NATO tahun lalu, selama wawancara Fox News dengan host Tucker Carlson.

Carlson menekan Trump pada tujuan NATO yang diciptakan pada 1949 untuk melindungi Amerika Serikat, Kanada dan sejumlah negara Eropa Barat dari serbuan Soviet. Organisasi itu juga menyerukan negara-negara anggotanya untuk datang membantu sekutu yang diserang.

“Mengapa anak saya pergi ke Montenegro untuk mempertahankannya dari serangan?” Carlson bertanya dalam wawancara, yang direkam Senin setelah pertemuan puncak Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki.

“Saya mengerti apa yang Anda katakan, saya telah mengajukan pertanyaan yang sama,” balas Trump.
“Kamu tahu, Montenegro adalah negara kecil dengan orang-orang yang sangat kuat. Mereka adalah orang-orang yang sangat agresif, mereka mungkin menjadi agresif, dan selamat, Anda berada di Perang Dunia III. Tapi begitulah cara mengaturnya. Jangan lupa, saya baru sampai di sini lebih dari satu setengah tahun yang lalu,” ungkapnya

Komentar Trump muncul setelah pertemuan NATO di Brussels pekan lalu di mana dia mencela para sekutu AS karena tidak mencapai kesepakatan tentang seberapa banyak mereka harus membayar untuk pertahanan. Trump juga mengkritik Jerman atas kesepakatan pipa gas alam dengan Rusia dengan mengatakan hal itu menjadikan Berlin “tawanan” ke Rusia.

Pada hari Rabu, Trump mentweet bahwa pertemuan itu adalah “kemenangan yang harus diakui,” mengambil kredit untuk anggota yang berjanji untuk memenuhi komitmen mereka.

Pada tahun 2016, kepala jaksa di Montenegro menuduh nasionalis Rusia mendukung dugaan upaya kudeta yang termasuk rencana untuk membunuh perdana menteri pro-Barat atas upaya pemerintahnya untuk bergabung dengan NATO.

Sejak bergabung dengan NATO, Montenegro mengirim pasukan ke misi yang dipimpin NATO di Afghanistan.

Trump dan Montenegro memiliki sedikit sejarah: Presiden AS muncul untuk mendorong Perdana Menteri Montenegro Dusko Markovic ke samping pada pertemuan puncak NATO tahun lalu, yang pertama di mana Montenegro diwakili.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Lihat Tips Memilih Lipstik untuk Hasil Sempurna

Prabowo Subianto ziarah ke makam Raja Mataran Imogiri